Seminar Membuat soal-soal tipe HOTS

Untuk mengembangkan kemampuan para guru-guru yang tergabung dalam MGMP PAK Surabaya, khususnya kemampuan membuat soal tipe High Order Thiniking Skill (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi), MGMP PAK kota Surabaya mengadakan seminar mengenai topik tersebut. Pada kesempatan kali ini (21 September 2019) seminar dipandu oleh Bapak Yustinus Budi Setyanta.

Bapak Yustinus sebagai pemateri memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang ini. Beliau merupakan salah satu nara sumber penulisan karya ilmiah tingakt kota Surabaya dan Propinsi Jawa Timur, salah satu redaktur dari Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan pernah menjadi instruktur Nasional Pelaksanaan Kurikulum 2013, serta telah menulis beberapa buku tentang sastra dan pembelajaran.

Guru-guru PAK diperlengkapi dengan konsep Taksonomi serta level kognitif dalam Taksonomi, yakni, Mengingat (C1), Memahami (C2), Menerapkan (C3), Menganalisa (C4), Mengevaluasi (C5) dan Mengkreasi (C6). Lalu dilanjutkan dengan langkah-langkah perumusan indikator soal.

Pada sesi yang kedua, Bapak Yustinus memberi arahan mengenai langkah dalam penyusunan soal-soal HOTS disertai dengan tips menulis soal berbasis HOTS. Pemateri kemudian melanjutkan dengan memberikan contoh-contoh soal yang benar dan yang salah, serta bagaimana mengefektifkan kalimat-kalimat dalam soal.

Yang menarik dari pemateri kali ini, Bapak Yustinus memberikan semua materi-materi yang diseminarkan secara murah hati. Para guru MGMP PAK dapat mendownloadnya di blog pribadi beliau, yakni di
https://aksaratanmakna.blogspot.com . Adapun powerpoint seminar terbagi menjadi dua yakni “Pelatihan menyusun soal HOTS” bagian 1, dan bagian 2 (silahkan di klik untuk mendownload). Serta para guru PAK dapat mendownload contoh pembuatan indikator soal USBN.

Kegiatan seminar ini difasilitasi dan dibantu oleh Gereja GBI Gibeon, Jl. Bintang Diponggo no 880, Surabaya. Karenanya seluruh guru-guru yg tergabung dalam MGMP PAK Surabaya mengucap syukur dan berterimaksih atas materi yang diberikan oleh Bapak Yustinus dan support yg diberikan oleh Gereja GBI Gibeon.